Sukses

Hati-hati, 9 Makanan Ini Bisa Meracuni Tubuh

Salah mengonsumsi makanan bisa menjadi fatal bagi tubuh. Masalahnya, makanan ini dekat dengan kita sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Salah mengonsumsi makanan bisa menjadi fatal bagi tubuh. Sebaiknya teliti dan berhati-hati dalam mengonsumsi makanan di sekitar kita, termasuk jenis makanan yang mudah ditemukan sekalipun. 

Berikut kelima makanan beracun yang kerap kita konsumsi. Kenali dan cermati makanan Anda, seperti dikutip Foxnews, Senin (19/10/2015):

1. Cherry

Lubang cherry mengandung hidrogen sianida yang disebut juga asam prussic yang berbahaya. Bila terkunyah atau hancur tidak sengaja, ia akan mengeluarkan senyawa yang mengakibatkan pusing hingga kesulitan bernafas. Hindari konsumsi buah ini secara berlebihan atau buang tangkai dan bijinya sebelum dimakan.

2. Pala

Buah pala sebenarnya mengandung halusinogen. Mengonsumsinya berlebihan bisa menyebabkan kejang dan masalah psikosis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kentang

3. Kentang

Kentang mengandung senyawa Glycoalkaloids. Biasanya racun ini terlihat saat kentang disimpan terlalu lama. Dia akan berubah menjadi kehijauan. Senyawa ini menyebabkan kram, diare, sakit kepala, kebingungan, atau bahkan koma dan kematian. 

4. Almond

Ada dua jenis almond, almond manis dan almond pahit. Yang pahit ini mengandung jumlah besar hidrogen sianida. Mengonsumsi 7 - 10 almond pahit dapat berakibat fatal untuk anak-anak.

3 dari 4 halaman

Madu

5. Madu

Madu yang dipasteurisasi sering mengandung grayanotoxin yang dapat menyebabkan pusing, kelemahan, keringat berlebih, mual, dan muntah yang berlangsung selama 24 jam. Biasanya hanya satu sendok makan grayanotoxin terkonsentrasi dapat menyebabkan gejala tersebut. 

6. Tomat

Batang dan daun tomat mengandung racun alkali yang dapat menyebabkan agitasi perut. Tomat hijau mentah pun dikatakan memiliki efek yang sama. 

4 dari 4 halaman

Tuna

7. Tuna

Ikan tuna paling kuat menyerap merkuri. Untuk itu, Badan pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) tidak merekomendasikan anak-anak dan wanita hamil untuk mengonsumsi tuna sama sekali. 

8. Singkong

Berhati-hatilah ketika akan mengonsumsi singkong. Daun dan akar singkong ternyata kaya sianida yang dapat menyebabkan pusing dan mual.

9. Kacang mete

Kacang mete mentah yang Anda temui di supermarket tidak benar-benar mentah, karena mereka telah dikukus untuk menghapus urushiol, bahan kimia berbahaya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.