Sukses

Ukuran Otak Lebih Besar Tidak Berarti Lebih Pintar

Sebuah penelitian menyatakan bahwa memiliki otak dengan ukuran besar bukanlah jaminan bagi seseorang untuk memiliki IQ yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti menyatakan bahwa struktur otak berperan lebih banyak dalam tingkat kecerdasan seseorang.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa memiliki otak dengan ukuran besar bukanlah jaminan bagi seseorang untuk memiliki IQ yang tinggi. Dari 148 penelitian yang melibatkan lebih dari 8.000 orang ditemukan hubungan yang lemah antara ukuran otak dengan tingkat kecerdasan.

“Asosiasi yang diamati baru-baru ini menunjukkan bahwa volume otak hanya memainkan peran kecil dalam kinerja tes IQ pada manusia. Meskipun asosiasi tertentu dapat diamati, hubungan volume otak dengan tingkat kecerdasan kecil sekali.” Jakob Pietschnig dari Institute of Applied Psychology, University of Vienna di Austria mengungkapkan.

Jakob juga menjelaskan dalam berita yang disiarkan di kampus bahwa struktur dan integritas otak memiliki peran yang lebih penting dalam fondasi biologis tingkat kecerdasan seseorang, dikutip dari laman WebMD, Senin (19/10/2015).

Para peneliti menemukan bahwa laki-laki cenderung memiliki ukuran otak yang lebih besar daripada wanita, akan tetapi secara keseluruhan tidak ada perbedaan dalam hal tingkat kecerdasan berdasarkan gender/ jenis kelamin.

Penelitian ini telah diterbitkan secara online dalam Jurnal Neuroscience and Biobehavioral Reviews. (Ken Andromeda)

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini