Sukses

Manfaat Tak Terduga Tidur Siang

Penelitian terbaru mengatakan bahwa rutin tidur siang atau beristirahat selama 90 menit setiap hari akan sangat bermanfaat untuk kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Tidur siang secara teratur biasanya hanya wajib dilakukan oleh anak-anak. Namun tahukah Anda, penelitian terbaru mengatakan bahwa rutin tidur siang atau beristirahat selama 90 menit setiap hari akan sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda?

Penelitian yang dilakukan di University of Geneva ini diujicobakan kepada 31 sukarelawan yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, kelompok yang tidur siang secara teratur, dan kelompok yang tidak. Setelah 90 menit, kedua kelompok ini dites untuk mengingat gambar atau kata-kata. Kelompok yang tidur memiliki daya ingat yang lebih bagus dibanding yang tidak.

Hasil scan MRI menunjukkan aktivitas yang lebih tinggi pada bagian hippocampus, atau bagian otak yang mempertahankan memori dari para responden yang tidur siang.

Dr. Kinga Igloi, pemimpin penelitian dari University of Geneva, dilansir dari Daily Mail, Senin, 19/10/2015, mengatakan,"Kami sudah tahu bahwa tidur dapat meningkatkan memori, tapi kami sekarang jadi paham bahwa tidur siang membantu otak memilah ingatan yang memiliki nilai lebih."

Dr. Igloi juga menjelaskan bahwa tidur siang menciptakan suatu nalar yang akan membantu otak memilih ingatan yang berguna bagi kelangsungan hidup dan juga kesuksesan kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini