Sukses

Hubungan Tari dan Kecerdasan Anak

Sejumlah penelitian menyebut, seni tari memiliki efek langsung dalam membantu anak belajar.

Liputan6.com, Jakarta Penelitian menyebut, enam tahun pertama kehidupan anak sangat penting untuk perkembangan otak yang optimal, gerakan, dan belajar melalui musik. Bahkan, sejumlah penelitian menyebut, seni tari memiliki efek langsung dalam membantu anak belajar.

Belajar tari, jelas Psikolog klinis asal Mumbai, India, Seema Hingorrany, mengajarkan anak belajar mengerjakan sesuatu secara berurutan. Dari pelajaran satu ke pelajaran lainnya. Jika gerakan yang satu belum dikuasai, maka akan sulit menguasai materi selanjutnya.

"Anak juga akan belajar mengenali pola, belajar kreatif, dan mengambil keputusan. Anak juga dilatih untuk berpikir rasional sambil belajar bagaimana menghitung dan merencanakan apa yang bakal dikerjakan selanjutnya untuk gerakan tarian berikutnya," kata Sheema dikutip dari situs Times of India, Senin (19/7/2015).

Ada pun cara dasar mengenali anak dengan tarian adalah saat dia bayi, gendong, dan ajaklah bergoyang selama dia berada dalam dekapan Anda. Bayi juga akan mendapat keuntungan dari skin to skin. Jangan lupa, dengarkan si Kecil beragam jenis musik, sehingga dia mengenal ritme sedari kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini