Sukses

Musik Bikin Anak Cerdas dan Tenang

Anak-anak yang sering diperdengarkan musik, dapat menggunakan musik untuk menenangkan diri di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta Otak anak berkembang lebih cepat dan maksimal di lima tahun pertama kehidupannya. Maka itu, agar anak memiliki ingatan yang bagus di kemudian hari, stimulasi otak mereka dengan cara melihat banyak objek, mendengar lagu-lagu yang layak didengar, dan menyentuh apa pun yang ada di sekitar mereka.

Psikolog klinis asal Mumbai, India, Seema Hingorrany mengatakan, gen dan lingkungan juga memengaruhi perkembangan otak anak. Jika otak berkembang dengan sehat, anak bakal memiliki jiwa sosial yang tinggi, emosi yang lebih stabil, dan keterampilan kognitif yang mumpuni. Seema menyebut, musik membantu si Kecil mendapatkan itu semua.

"Banyak penelitian telah membuktikan bahwa belajar musik membantu mereka mengelola informasi yang mereka terima, volume di otak meningkat, dan dapat membantu meningkatkan keterampilan intelektual dan emosi anak-anak," kata Seema dikutip dari situs Times of India, Senin (19/10/2015).

Anak-anak yang sering diperdengarkan musik, dapat menggunakan musik untuk menenangkan diri di kemudian hari. "Tak heran nantinya anak merasa aman dan nyaman ketika mereka dikelilingi dengan musik-musik yang enak didengar," kata Sheema.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini