Sukses

Hal yang Seharusnya Tidak Diberitahu Orangtua ke Anak

Inilah hal-hal yang seharusnya tidak diberitahu orangtua ke anak

Liputan6.com, Jakarta Orangtua diminta lebih berhati-hati dalam menyampaikan segala kabar dan berita yang buruk kepada si Kecil. Misal, jika si Kecil tengah menyiapkan ujian akhir sekolah atau mengalami peristiwa penting yang terjadi di hidupnya, jangan beritahu dia tentang kematian hewan peliharaannya.

Orang dewasa saja bisa stres mendengar hewan peliharaannya tewas, apalagi seorang anak yang kebanyakan memiliki ikatan batin yang lebih terhadap hewan peliharaan yang sangat dia sayangi itu.

Begitu si Kecil dalam keadaan santai, barulah beritahu dia tentang kematian hewan peliharaannya itu atau mungkin saudaranya sambil menjelaskan bahwa mahluk hidup akan meninggal dunia pada waktunya.

Berikut hal-hal apa saja yang seharusnya tidak diberitahu orangtua ke anak, seperti dikutip dari situs Boldsky pada Sabtu (17/10/2015)

1. Pembunuhan

Jika terjadi pembunuhan atau tindak kriminal lainnya di sekitar tempat tinggal Anda, jangan beritahu anak-anak Anda karena takut dia terganggu atau justru enggan keluar rumah. Anda cukup ajarkan dia bagaimana menanggapi situasi mencekam jika terjadi padanya.

2. Hutang

Orangtua tidak perlu membahas bagaimana susahnya mencari uang untuk membiayai hidup keluarga. Terlalu muda bagi seorang anak mengetahui hal tersebut. Namun, semua itu kembali lagi kepada Anda. Jika menurut Anda memberitahu kesusahan adalah cara supaya anak bisa hidup mandiri, silahkan saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini