Sukses

Cara Mudah Usir Ratusan Juta Bakteri di Gigi

Hal ini mampu mengurangi potensi gigi berlubang, gusi sehat, dan napas lebih baik.

Liputan6.com, New York- Menggosok gigi minimal dua kali sudah pasti dilakukan setiap hari, selain itu perlu juga ditambah dengan menggunakan benang gigi (dental floss) untuk menjangkau sisa makanan di sela-sela gigi. Tapi bagi Anda yang malas melakukannya coba atasi dengan mengunyah permen karet.

Berdasarkan penelitian dari Belanda, mengunyah permen karet bebas gula selama 10 menit mampu membersihkan gigi. Paling tidak ada 100 juta bakteri bisa terperangkap dalam permen karet.

Angka tersebut sebenarnya hanya sebagian kecil dari bakteri yang ada di mulut. Tapi angka tersebut penting karena mampu mengurangi potensi gigi berlubang, gusi sehat, dan napas lebih baik.

"Saat mengunyah permen karet itu sama dengan membersihkan plak dan sisa makanan di gigi," terang penulis studi Steffan Wessel seperti dikutip laman Prevention, Jumat (16/10/2015).

Mengunyah permen karet mampu merangsang produksi air liur. Menurut dekan University of Pennsylvania School of Dental Medicine, Amerika Serikat, Denis Kinane air liur merupakan antibakteri sehingga mampu membunuh bakteri di mulut serta menjaga jaringan gusi tetap sehat.

Tapi ingat ya, permen karet yang dipilih untuk mendapatkan gigi bersih ini yang berbas gula. Permen karet jenis ini tidak membuat mulut memproduksi asam yang melemahkan gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.