Sukses

Apa Hubungan Kepribadian dan Kemampuan Bermusik?

Sebuah penelitian menemukan temperamen seseorang bisa memprediksi bakat musik di luar dugaan.

Liputan6.com, Jakarta Orang bilang bakat musik terasah sendirinya jika rajin berlatih. Sebuah penelitian menemukan bahwa temperamen seseorang bisa memprediksi bakat musik di luar dugaan.

Sebuah studi dari University of Cambridge yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality, melihat hubungan antara keahlian musik dan "Big Five" dimensi kepribadian. Yakni extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan keterbukaan.

Peneliti bekerja sama dengan BBC dan Goldsmiths University. Kemudian peneliti merekrut lebih dari 7.800 relawan. Mereka diminta menilai sendiri keahlian musik mereka sendiri serta berpartisipasi dalam tes pada persepsi ritme dan melodi memori.

Peneliti menghubungkan kemampuan musik peserta dengan skor kepribadian mereka. Hasilnya, peneliti menemukan skor tinggi pada skala keterbukaan, yang berhubungan dengan imajinasi, wawasan, dan ketertarikan menjadi prediktor kuat dari kecanggihan musik, meski jika orang tersebut bukan dikenal sebagai pemusik.

Selain itu, orang yang mencetak tinggi pada extraversion lebih cenderung melaporkan kemampuannya yang lebih baik dalam bernyanyi. Ini sama artinya orang ekstrovert jago saat karaoke seperti dikutip Inverse, Jumat (16/10/2015).

Penelitian ini merupakan yang pertama kalinya yang berusaha untuk menghubungkan kemampuan dan sifat kepribadian dengan musik. (Melly F)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini