Sukses

Diet Tak Harus Bikin Perut Melilit

Diet yang benar adalah diet yang bisa membuat Anda merasa cukup, dan bukannya kelaparan.

Liputan6.com, Jakarta Diet biasanya memang dilakukan saat Anda ingin menjaga atau menurunkan berat badan. Tak heran kemudian kata ini diasosiakan dengan rasa lapar yang lantas bisa buat perut melilit. Padahal, diet yang benar adalah diet yang bisa membuat Anda merasa cukup, dan bukannya kelaparan.

Cara-cara diet yang dikutip dari Health, ditulis Kamis, 15/10/2015 ini akan membuat Anda sehat tanpa rasa lapar yang melintir:

1. Minum banyak air putih

Kadang otak salah membedakan antara rasa lapar dan rasa haus. Hal inilah yang membuat Anda memasukkan kalori ekstra ke dalam tubuh saat sebenarnya segelas air putih dingin sudah bisa menenangkan perut. Saat Anda merasa ingin makan atau mengudap sesuatu, cobalah minum air putih terlebih dahulu, hal ini bisa membantu menekan keinginan Anda tadi.

2. Makan dalam porsi kecil

Bisa tetap menikmati makanan favorit saat diet? Bisa! Triknya adalah, selalu membeli makanan favorit tadi dalam ukuran kecil. Bisa menikmati makanan kesukaan Anda membantu menjaga nafsu makan tetap terkontrol. 

3. Makan lebih sering

Rebecca Reeves, DrPH, RD, seorang peneliti obesitas mengatakan, “Studi menunjukkan bahwa orang yang memakan makanan mereka 4-5 kali sehari lebih bisa mengontrol nafsu makan dan juga berat badan mereka.” Reeves menyarankan untuk membagi asupan kalori ke dalam makanan-makanan dalam porsi kecil, dan lebih seringlah makan di pagi dan siang hari.

4. Banyak konsumsi protein

Asupan protein yang cukup akan membantu Anda mempertahankan massa otot, merangsang pembakaran lemak, dan di saat yang bersamaan juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kacang-kacangan adalah salah satu sumber protein yang paling sehat.

5. Jangan lewatkan sarapan

Sarapan adalah satu-satunya waktu di mana Anda bisa makan dengan menu lengkap dengan porsi besar. Makan di pagi hari juga memberi Anda rasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi hasrat mencemil makanan yang tidak sehat. Karenanya, pastikan menu sarapan Anda lengkap dengan nutrisi seimbang. (Nils)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.