Sukses

Mengapa Merasa Ingin Muntah Bila Melihat Hal Menjijikkan?

Tubuh memiliki sinyal unik yang memberi tanda kalau ada sesuatu yang berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh memiliki sinyal unik yang memberi tanda kalau ada sesuatu yang berbahaya. Salah satu contohnya, ketika Anda melihat sesuatu yang menjijikkan, maka kemudian rasanya seperti ingin muntah.

Begitu disampaikan seorang ilmuwan syaraf di University College London, Richard Clarke, seperti diberitakan Dailymail, Kamis (15/10/2015). Lantas mengapa hal ini bisa terjadi?

Richard menerangkan, otak manusia sangat hebat. Ketika otak menerima visual sesuatu yang bisa menjadi racun seperti makanan basi, daging busuk dan sebagainya, bagian bawah otak mengirimkan sinyal ke tubuh untuk mengkoordinasikan tindakan seperti muntah.

"Muntah merupakan refleks protektif tubuh saat melihat atau menelan toksin. Selain itu, muntah juga bisa mengurangi tekanan akibat adanya sumbatan atau pembesaran organ yang menyebabkan penekanan pada saluran pencernaan," katanya.

Seorang dosen di King College London, Adam Perkins menambahkan, refleks orang yang mengalami mual dan muntah saat melihat hal menjijikkan cenderung lebih kuat bertahan hidup.

"Daerah otak yang merespon hal yang tidak wajar berati bekerja sehingga Anda tidak bisa menerima pelanggaran moral," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.