Sukses

Hebatnya Bayi yang Lahir di Bulan Juni dan Agustus

Sebuah penelitian di Inggris mengunggkap, anak yang lahir antara Juni hingga Agustus memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Liputan6.com, London - Bagi Anda para orangtua yang baru saja memiliki anak di musim panas ini, mungkin boleh sedikit lega. Pasalnya, sebuah penelitian di Inggris mengungkap, anak yang lahir antara Juni hingga Agustus memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Mengutip WebMD, Selasa (13/10/2015) paparan sinar matahari diduga menjadi penyebabnya. Selama trimester pertama dan kedua, ternyata ibu hamil membutuhkan vitamin D yang cukup.

"Penelitian ini menemukan hubungan antara bulan kelahiran dan hasil kesehatan tertentu, tapi kami belum tahu hubungan kedua faktor tersebut," kata penulis studi Dr John Perry, dari University of Cambridge.

Meski demikian, peneliti mengingatkan kalau penelitian ini melibatkan sekitar 450.000 pria dan wanita dari Inggris. Jadi pengaruhnya pada ras lain belum diketahui secara pasti.

Yang menarik, penemuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Heliyon ini juga mencatat, bayi perempuan yang lahir pada musim panas mengalami pubertas lebih cepat.

"Mencari pola antara bulan kelahiran dan kesehatan mungkin sedikit berpengaruh dari lingkungan. Saya berharap penelitian terkait antara bulan kelahiran dan paparan sinar matahari (vitamin D) mendorong peneliti lain untuk melakukan studi lanjutan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini