Sukses

Serangga Bisa Jadi Alternatif Pangan Pengganti Protein

Otoritas Keamanan Makanan Eropa dapat menjadi alternatif protein, untuk mengatasi kelaparan di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Idenya mungkin agak sedikit mengerikan namun serangga dianggap oleh Otoritas Keamanan Makanan Eropa (EFSA) dapat menjadi alternatif protein untuk mengatasi kelaparan di dunia.

Mengutip laman WebMD, Selasa (13/10/2015), populasi dunia semakin berkembang pesat. Risiko ancaman kelaparan pun meningkat di seluruh dunia. Pada 2011 saja, ada 7 miliar orang kelaparan. Jumlah ini diprediksi akan terus tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) merilis hasil nilai gizi serangga serta manfaatnya dalam bidang pertanian. Mereka melaporkan, makan cacing, belalang, jangkrik atau serangga aneh lainnya mengandung protein, lemak, dan mineral yang tinggi.

"Serangga telah menjadi menu favorit sejumlah orang di Asia, Afrika, dan Amerika Latin," tulis laporan tersebut.

FAO melaporkan, dari 1 juta spesies serangga di dunia, ada sekitar 1.900 serangga yang dimakan oleh manusia, termasuk kumbang, ulat, lebah, tawon, semut, belalang, dan jangkrik.

Jadi, apakah aman mengonsumsinya?

Para ilmuwan di Eropa menyimpulkan, risiko kesehatan manusia tergantung pada bagaimana serangga diolah atau diproses. Tapi secara umum, sumber makanan ini mengandung protein tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini