Sukses

Kenali 5 Fakta tentang Bra

Mulai dari perbedaan ukuran bra setiap tahun hingga masa kadaluarsa bra.

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita, bra sudah seperti sahabat karena menemani aktivitas sehari-hari. Namun sudah tahu belum berbagai fakta mengenai bra?
Tak banyak perempuan yang tahu tentang benda satu ini. Dalam pemilihan bra saja banyak wanita yang salah. Sekitar delapan dari 10 wanita menggunakan ukuran bra yang salah seperti diungkap riset dari pakaian dalam Wacoal.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui tentang bra seperti dikutip dari laman Youbeauty, Selasa (13/10/2015).

1. Beda merk beda ukuran
Pernah mencoba bra ukuran 34B cocok dan kemudian ketika mencoba merek lain dengan ukuran 36 C dan cocok? Jika iya, hal tersebut merupakan hal wajar. "Tidak ada standarisasis ukuran cup bra di antara produsen. Sehingga tak heran bila wanita kerap merasa nyaman menggunakan cup B, tapi saat mengguakan merek lain lebih nyaman dengan cup C," terang ahli bedah plastik bersertifikat dari Beverly Hills, William Bruno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bra berkawat tak sebabkan kanker

2. Bra berkawat tak sebabkan kanker
Banyak wanita yang ketakutan dengan penggunaan bra berkawat yang katanya bisa sebabkan kanker. "Ini adalah mitos yang banyak dipercaya wanita," tutur penulis buku The Bra Book, Jene Luciani.
Menurut organisasi pendidikan nirlaba, breastcaner.org, tak ada bukti bukti ilmiah yang mengungkapkan penggunaan bra berkawat terhadap risiko perempuan terkena kanker payudara.

3. Tak masalah tidur pakai bra
Jika merasa lebih nyaman menggunakan bra saat tidur, tak masalah. Namun pastikan tidak menggunakan bra berkawat dan ketat untuk tidur. "Bra berkawat bisa membahayakan bila dipakai tidur. Kulit Anda bisa saja tertusuk kawat bra sehingga lecet atau terluka" terang profesor bedah plastik dan operasi rekonstruksi dari Loma Linda University Medical Cente, Allen Gabriel.

3 dari 3 halaman

Ukuran payudara bisa berubah

4. Ukuran payudara bisa berubah dalam setahun
Tubuh terus berubah, termasuk pada bagian payudara. Bahkan ukuran bra dalam setahun bisa berbeda selama tiga kali. "Ukuran bra Anda dapat bervariasi karena banyak faktor, kenaikan berat badan, obat-obatan, terutama jika mengandung hormon, atau menstruasi," terang Zaccario.

5. Batas usia bra
Semahal dan sebagus apapun bra yang Anda miliki tak mungkin bisa digunakan dalam rentang waktu yang lama. Menurut ahli bra, Caldwell, bra memiliki usia simpan relatif singkat yakni antara enam hingga sembilan bulan.

Menurut Caldwell, ada banyak cara agar bra bisa berumur lama. Pertama, dicuci menggunakan tangan, disimpan dengan baik, serta diberikan waktu untuk beristirahat alias tak dipakai terus menerus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.