Sukses

5 Hal yang Perlu Dilakukan jika Telanjur Memencet Jerawat

Ada beberapa kebiasaan yang tidak bisa kita hidari, seperti memencet jerawat

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan ahli perawatan kulit sangat tidak menyarankan untuk memencet jerawat. Selain risiko infeksi, jerawat dapat meninggalkan bekas hitam di wajah Anda.

Namun ada beberapa kebiasaan yang tidak bisa kita hindari. Apalagi bagi wanita, memiliki jerawat mungkin akan mengganggu penampilannya.

Nah, berikut ini, ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan segera setelah memecahkan jerawat untuk mengurangi infeksi dan kotoran di wajah, seperti dikutip Allwomenstalk, Selasa (13/10/2015).

1. Kompres air hangat

Setelah jerawat yang muncul, kompres bagian jerawat dengan kain lap hangat selama beberapa menit. Ini membantu menenangkan area radang dan meredakan sakit setelah memencet jerawat.

2. Bersihkan wajah dengan sabun

Setiap pori atau luka terbuka berisiko menyebabkan infeksi, begitupun saat jerawat muncul. Gunakan sabun antibakteri untuk membasmi kuman dan menjaga kebersihan wajah.

3. Terapkan asam salicyclic 

Asam salicyclic akan bekerja untuk membantu menghindarkan jerawat muncul kembali.

4. Oleskan krim anti-iritasi

Tidak perlu gunakan banyak produk, tapi setetes Neosporin atau produk serupa akan menjaga luka bersih dan membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat.

5. Tutup area jerawat dengan perban kecil

Saat ini telah banyak perban plastik khusus untuk jerawat. Selain menjaganya tetap bersih, jerawat juga tidak akan terkontaminasi udara kotor.

6. Cuci wajah Anda

Sebelum tidur, cuci bersih wajah. 

7. Cuci tangan

Jika Anda sering menyentuh jerawat di wajah berkali-kali, usahakan mencuci tangan sesering mungkin. 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.