Sukses

Peneliti: Wanita Muda Tak Perlu Pakai Bra

Peneliti Prancis mengatakan penggunaan bra tak cegah payudara kendur.

Liputan6.com, New York- Memasuki usia pubertas para remaja perempuan mulai mengenakan mini set kemudian disusul bra untuk menyangga payudaranya. Namun sebuah studi yang dilakukan peneliti Prancis mengatakan penggunaan bra tak cegah payudara kendur.

"Secara medis, fisiologis, dan anatomi, penggunaan bra tak membantu agar payudara tak mengendur. Hal ini disebabkan karena gravitasi," terang spesialis kedokteran olahraga dari CeCentre Hospitalier Universitaire de Besancon, Prancis, Professor Jean-Denis Rouillon,.

Penelitian ini telah dilakukan selama 15 tahun terhadap 330 partisipan bermumur 18-35 tahun. Peneliti mengukur payudara mereka menggunakan penggaris khusus dan mencatat setiap perubahan selama periode penelitian.

Wanita yang tak mengenakan bra, payudaranya memang mengalami penurunan 7 milimeter dari puting setiap tahun, namun payudara mereka lebih kencang dan strech mark memudar. Tidak ada juga bukti yang menyatakan bra membantu menyingkirkan sakit punggung seperti dikutip laman CBS News, Selasa (13/10/2015).

Salah seorang partisipan, Capucine (28), selama dua tahun ia tak menggunakan bra dan ternyata hal ini membuatnya merasa lebih baik. Mulai membantu bernapas lebih baik, berdiri tegak, dan tak alami sakit punggung.

Berbagai manfaat bra banyak dirasakan perempuan, tapi tidak semua orang disarankan untuk melepaskan bra. "Akan menjadi sangat berbahaya bila menyarankan semua wanita berhenti pakai bra. Karena belum dilakukan penelitian bagi perempuan yang usianya tidak di luar 18-35 tahun," teang Roullion.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.