Sukses

Orangtua Terlalu Cemas, Anak Jadi Lebih Agresif

Pesan yang disampaikan dengan nada tinggi malah pesannya tak sampai kepada anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua yang lebih cemas dan emosional dalam mendidik anak ternyata berdampak pada frekuensi anak bermain game kekerasan menurut studi dari Iowa State University, Inggris.

Sementara itu, orangtua yang bersikap lebih hangat malah lebih mampu membatasi anak-anak bermain video game kekerasan. Menurut peneliti Russell Laczniak hal ini tak mengherankan.

"Anak-anak yang memiliki orangtua dengan terlalu cemas atau khawatir, ketika memberitahu anak-anak pesan mereka tak sampai," terang Laczniak seperti dikutip laman The Times of India, Selasa (12/10/2015).

Dalam studi yang dipublikasikan Journal of Consumer Affairs menyebutkan orangtua yang hangat cenderung menahan diri dari memberikan disiplin fisik melainkan persetujuan dari kasih sayang. Sementara orangtua yang terlalu emosional dalam melindungi cenderung menggunakan emosi tinggi saat berinteraksi dengan anak-anak.

Oleh karena itu Laczniak menyarankan para orangtua untuk tenang tanpa cemas agar lebih efektif dalam mendidik anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini