Sukses

5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Pengidap Diabetes Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta Penelitian telah menunjukkan, orang yang memiliki lebih banyak lemak perut rentan mengidap diabetes karena jenis lemak itu berkaitan dengan resistensi insulin.

Ukuran pinggang seseorang merupakan indikator yang jelas dari risiko diabetes dibanding Indeks Massa Tubuh (BMI). Jadi, seorang wanita yang memiliki ukuran pinggang 35 inci atau lebih, rentan terhadap diabetes. Demikian pula seorang pria dengan ukuran pinggang 40 inci atau lebih mudah mengidap diabetes.

Meski diabetes dianggap sebagai kondisi berbahaya, ada banyak cara untuk mencegah dan agar tetap terkontrol. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan untuk mengontrol diabetes adalah dengan mempertahankan diet yang tepat seperti yang disarankan oleh dokter Anda.

Berikut makanan yang harus dikonsumsi pengidap diabetes setiap hari dikutip dari situs Boldsky, Selasa (13/10/2015).

Buah: Salah satu hal yang harus dimasukkan pengidap diabetes ke dalam diet sehari-hari adalah buah-buahan segar seperti apel, pir, buah, pepaya, buah persik. Buah-buahan seperti ini mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat.

Sayuran: Sayuran non-tepung seperti kacang juga harus dimasukkan ke dalam diet pengidap diabetes. Sebagian besar sayuran non-tepung mengandung rendah lemak dan tinggi serat sehingga direkomendasikan untuk pengidap diabetes.

Biji-bijian: Pengidap diabetes disarankan juga mengonsumsi biji-bijian dalam bentuk olahan setidaknya seperti beras merah, millets, gandum, barley.

Sayuran berdaun hijau : Sayuran berdaun hijau adalah hal penting yang harus ditambahkan ke dalam diet harian pengidap diabetes. Seperti kale, bayam, selada, Arugula.

Roti : Pengidap diabetes harus menghindari roti putih dan menggantinya dengan roti gandum.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini