Sukses

Anak Mendadak Murung, Orangtua Harus Bagaimana?

Orangtua tak usah khawatir ketika menemui si Kecil mendadak murung sepulang dari sekolah

Liputan6.com, Jakarta Mendapati si Kecil yang tiba-tiba murung sepulang dari sekolah memang hal yang membuat para orangtua bingung. Tidak tahu harus menanyakan apa, takut mereka merasa dihakimi karena satu kondisi yang membuat mereka murung.

Psikolog klinis dari Mumbai, India, Dr Seema Hingorrany mengatakan, ajak si Kecil mengobrol empat mata. Yakinkan dia bahwa Anda tidak akan menghamikinya. Jika Anda takut si Kecil mengalami pelecehan selama di luar, beritahu mereka bagian tubuh mana saja yang tidak boleh disentuh oleh orang lain.

Buat mereka nyaman dan merasa aman. Sebab, rata-rata anak pada usia enam tahun ke atas begitu kritis terhadap suatu hal yang menganggu mereka. Namun, kebanyakan kondisi murung seperti itu karena si Kecil menjadi korban bullying di sekolah sehingga memilih berdiam diri di kamar.

"Kuncinya adalah membiarkan si Kecil bahwa dia sedang tidak dihakimi," kata Seema dikutip dari situs Times of India, Senin (12/10/2015)

Jika perlu, lanjut Seema, datangi langsung guru yang ada di sekolah. Tanyakan pada mereka bagaimana interaksi anak Anda selama di sekolah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini