Sukses

Nikmati Suasana Desa di Kota dalam Festival Ini

Kita bisa bertemu dengan nelayan dan petani juga mengolah aneka sumber pangan lokal.

Liputan6.com, Jakarta Damai, tenang, tentram, asri, sejuk, dan hijau. Kira-kira seperti itu suasana yang bisa kita dapatkan jika berkunjung ke desa. Berbeda jauh dari suasana perkotaan yang cenderung ramai dan serba terburu-buru.

Suasana desa yang nyaman dan damai itu sebentar lagi bisa dirasakan warga Jakarta dan sekitarnya dalam Festival Desa 2015 yang digelar pada 24 - 25 Oktober mendatang di Taman Tebet, Jakarta Selatan.

Bagi Anda yang belum pernah bertemu dengan nelayan dan petani, ini merupakan saat yang tepat bertemu dengan mereka tanpa perlu jauh-jauh pergi ke desa. Produsen dan konsumen makananan bisa saling bertemu dalam festival ini.

Menurut Koordinator Acara Festival Desa 2015, Tejo Wahyu Jatmiko para pengunjung bisa berinteraksi dengan petani dari Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur serta nelayan dari Indramayu dan kawasan Pantura.

"Ada petani dan nelayan yang akan hadir di Taman Tebet dalam acara ini. Mereka berbicara langsung tentang tantangan dan potensi lokal," tutur Tejo dalam sambungan telepon pada Health-Liputan6.com pada Senin (12/10/2015).

Tahun ini tema yang diusung adalah `Let's Move and Eat Local` yang terwujud dalam bazaar benih aneka sumber karbohidrat, workshop macam-macam makanan sehat, pengolahan makanan, serta disediakan berbagai permainan tradisional.

Tejo berharap acara tahunan ini bisa kembali mengingatkan orang-orang kota bahwa antara kota dan desa memiliki hubungan yang tak terpisah. Aneka makanan yang bisa dikonsumsi masyarakat kota sebagian besar berasal dari desa.

"Tujuannya agar desa bukan hanya (sekadar) dieksplorasi dan dilupakan," tutur Tejo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini