Sukses

Jakarta Eye Center Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis

Rumah Sakit Mata Jakarta Eye Center (JEC) @ Kedoya kembali gelar operasi katarak gratis bagi mereka yang kurang mampu.

Liputan6.com, Jakarta Masih dalam peringatan hari penglihatan sedunia, Rumah Sakit Mata Jakarta Eye Center (JEC) @ Kedoya kembali menggelar program Bakti Katarak atau operasi katarak gratis bagi mereka yang kurang mampu.

Direktur Utama Rumah Sakit Mata JEC @ Kedoya, dr. Darwan M. Purba, SpM, mengatakan, acara ini rutin diselenggarakan dan menargetkan 400 pasien setiap tahun.

"Jumlah pasien katarak yang akan dioperasi hari ini 100 orang dan akan dilayani tenaga medis berpengalaman," katanya saat temu media di JEC @Kedoya, Jakarta, Sabtu (10/10/2015).

Direktur Medik JEC @ Kedoya sekaligus Ketua Service Katarak dan Bedah Refraktif JEC, dan Ketua Indonesian Society Cataract and Refractive Surgery (INASCRS), dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM, menerangkan, kebutaan akibat katarak masih menjadi ancaman di Indonesia.

"Katarak atau kekeruhan lensa mata merupakan salah satu penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia maupun dunia. Penyakit katarak masih menjadi salah satu penyebab kebutaan di Indonesia," katanya.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 yang dikeluarkan oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI melaporkan, prevalansi katarak adalah 0,1% per tahun atau setiap tahun di antara 1.000 orang terdapat seorang penderita katarak baru.

Penduduk Indonesia juga memiliki kecenderungan menderita katarak 15 tahun lebih cepat dibandingkan penduduk di daerah subtropis, sekitar 16-22% penderita katarak yang dioperasi berusia di bawah 55 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini