Sukses

William dan Kate Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Mental

Pangeran William dan Kate Middleton bertemu dengan para relawan muda yang berbagi kisah tentang pengalaman mereka mengatasi masalah mental.

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Dunia (World Mental Health Day). Dan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental, Sabtu (10/10) kemarin pasangan Kerajaan Inggris, William dan Kate mengunjungi para pemuda yang pernah berjuang mengatasi masalah kesehatan mental di Harrow College.

Pangeran William dan Kate Middleton bertemu dengan relawan-relawan muda yang berbagi kisah tentang pengalaman mereka mengatasi masalah mental di sana. Para relawan ini sekarang bergabung dalam Time to Change, sebuah kampanye nirlaba yang memerangai stigma terhadap kesehatan mental, dikutip dari laman Today, Senin (12/10/2015).

Salah seorang relawan yang hari itu membagi kisahnya adalah Vithuja Balasingam.

"Dulu aku selalu berpikir bahwa memiliki penyakit mental adalah suatu hal yang memalukan dan perlu dirahasiakan. Tapi sesungguhnya menjadi terbuka dan berkata, `Ya, saya memiliki depresi, lantas kenapa?` telah sangat membantu saya dalam memulihkan diri dan itu sebabnya saya bisa berada di sini sekarang," ujarnya. "Untuk merayakan sejauh mana pencapaian kita dan untuk mengingatkan semua orang bahwa tak apa-apa berbicara tanpa perlu takut atau malu," tambahnya lagi.

Paul Farmer, chief executive dari badan amal kesehatan mental yang berada di balik kegiatan ini, Mind, mengatakan kehadiran pasangan Kerajaan Inggris itu sangat membantu dalam menyebarkan pesan pada dunia bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengubah perilaku kita terhadap masalah kesehatan mental.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini