Sukses

Tips agar Terhindar dari Makan Berlebih

Kebiasaan makan sambil melakukan hal lain berdampak kurang baik bagi kesehatan karena memicu makan berlebih.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan makan sambil melakukan aktivitas lainnya masih sering dilakukan oleh mereka yang sibuk. Padahal hal tersebut kurang baik bagi kesehatan karena bisa memicu makan berlebih.

Makan secara sadar adalah salah satu hal yang disarankan oleh Susan Albers, PsyD, psikolog klinik di Cleveland Clinic yang memiliki spesialisasi mindful eating serta penulis EAT-Q: Unlock the Weight Loss Power of Emotional Intelligence.

Berikut 5 tips yang disarankan Albers untuk menjadi sadar akan apa yang Anda makan dan di mana Anda makan secara umum, seperti dilansir dari laman Prevention (Senin (12/10/2015):

1. Duduk

Saat Anda duduk, Anda bisa lebih fokus, artinya Anda membuat pilihan yang lebih baik dan memberi kesempatan pada tubuh untuk mengenali seberapa banyak makanan yang dikonsumsi dan seberapa kenyang Anda setelah makan dan mencegah dari makan berlebih setelahnya.

2. Kunyah perlahan

Ini hampir sulit dilakukan dalam pilihan kegiatan yang diujikan oleh para peneliti, ujar Albers. "Entah Anda makan sambil berjalan, ngobrol dengan teman, atau menonton tv, adalah hal yang umum untuk menyesuaikan kecepatan makan Anda dengan kecepatan apa pun di sekitar Anda," jelasnya.

Untuk mengatasi hal itu Albers mempunyai trik: makan dengan tangan yang jarang Anda gunakan. Ini akan memperlambat aktivitas hingga 30 persen.

"Dan jika Anda harus makan sambil berjalan, mungkin menggumamkan nada melow di kepala bisa membantu Anda sedikit melambatkan aktivitas," sarannya.

3. Nikmati

Ini bagian yang paling menyenangkan! Bagian di mana Anda benar-benar harus menikmati apa yang Anda makan dan menyadari adanya potongan buah atau granola bar atau apa pun yang tengah Anda kunyah serta kelezatan rasanya.

Untuk belajar benar-benar merasakan makanan Anda, lakukan 5 latihan ini: Makan 5 butir kismis secara satu per satu. Kunyah perlahan dan sesadar yang Anda bisa lalu tuliskan seperti apa rasanya, bagaimana rasanya di mulut Anda, seperti apa perubahan teksturnya ketika dikunyah dan seterusnya.

4. Sederhanakan lingkungan Anda

Ketika Albers makan di mejanya, dia memutar kursinya dari arah monitor komputer hingga selesai makan siang. Dia juga mematikan telefon.
"Meskipun telefon genggam saya berada di seberang ruangan, jika saya mendengarnya berbunyi, perhatian saya akan beralih dari piring pada siapa yang berusaha menghubungi saya," ujarnya.

Albers juga menyarankan untuk menempatkan makanan sehat di lokasi yang nyaman serta menghindari membeli junk food yang tentunya tak akan bisa Anda tolak.

5. Tersenyum di antara setiap gigitan

Mungkin hal ini terdengar konyol, tapi menurut Albers hal ini menciptakan jeda di antara pikiran, "Saya ingin lagi," dan kemudian menambah suapan. "Tersenyum juga memompa zat perasaan senang di seluruh tubuh yang bisa mengurangi stres dan makan secara emosional," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini