Sukses

Pernah Kena Ebola, Perawat Skotlandia Ini Masuk Ruang Isolasi

Para staf medis menyatakan kemungkinan besar penyakit yang diderita perawat yang pernah terkena Ebola ini tak menular.

Liputan6.com, New York- Sudah beberapa bulan terakhir tak begitu terdengar kabar mengenai Ebola, tiba-tiba kembali hadir kabar tentang virus mematikan ini di Afrika Barat. Seorang perawat asal Skotlandia yang sebelumnya didiagnosis Ebola saat bekerja di Sierra Leone kini diisolasi setelah mengalami komplikasi tidak biasa dari penyakit ini.

The National Health Service branch of Greater Glasgow and Clyde (NHSGGC) mengatakan terdapat virus Ebola dalam sistem tubuh Pauline Cafferkey yang berasal dari sisa virus Ebola di tubuhnya dahulu, seperti dikutip dari laman BBC pada Minggu (11/10/2015).

Awalnya, pada Selasa lalu Pauline dibawa ke Glasgow’s Queen Elizabeth University Hospital lalu dikirim ke Royal Free Hospital di London, Inggris pada Jumat lalu. Para staf medis mengatakan kemungkinan besar apa yang ia derita tidak menular.

"Kondisi yang dialami Pauline merupakan komplikasi dari infeksi sebelumnya dari Ebola. Namun risiko menularkan publik sangat rendah," tutur direktur kesehatan publik NHSGGC.

Ilustrasi Virus Ebola (Liputan6.com/Sangaji)

Namun prosedur normal tetap dilakukan dalam kasus ini yakni dengan mengisolasi serta mengidentifikasi orang yang pernah melakukan kontak dengan Pauline.

Lebih dari 11.000 orang meninggal di Afrika Barat akibat penyakit yang masih dikembangkan obatnya ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ebola merupakan penyakit yang menyerang manusia, monyet, simpanse, gorila, dan primata lain yang disebabkan oleh virus Ebola.

    Ebola

  • Virus Ebola