Sukses

6 Trik Mudah Jaga Mata Sehat

Memeringati Hari Penglihatan Sedunia, tingkatkan kesadaran menjaga mata tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta Memeringati Hari Penglihatan Sedunia, tingkatkan kesadaran menjaga mata agar tidak mudah lelah dan tetap sehat.

Seperti disampaikan dokter spesialis mata dari RS Jakarta Eye Center dalam siaran pers, menjaga kesehatan mata ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Tak percaya, berikut ini ada tips mudah menjaga mata sehat, seperti:

1. Banyak berkedip

Biasakan untuk mengedipkan mata. Saat tidak ada ketegangan, mata akan berkedip secara otomatis setidaknya 10-12 kali per menit.

Orang yang menderita masalah penglihatan biasanya cenderung jarang berkedip. Akibatnya, mata terbuka lama yang mengakibatkan mata tegang, kering dan lelah.

Lakukan aturan berkedip serba 20 untuk mata. Setiap 20 menit, pengguna komputer harus berhenti selama 20 detik dan melihat objek lain sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter), lalu mengedipkan mata sebanyak 20 kali. Cara ini efektif untuk mencegah mata lelah karena terlalu lama bekerja.

2. Kurangi cahaya yang menyilaukan

Ubahlah cahaya yang ada di sekitar Anda untuk mengurangi pantulan cahaya menyilaukan yang datang dari layar komputer.

Jika Anda bekerja di dekat jendela, aturlah letak layar monitor sedemikan rupa untuk mengurangi pantulan cahaya yang menyilaukan dari layar monitor. Meredupkan cahaya ruangan juga dapat membantu mengurangi pantulan cahaya.

3. Atur jarak antara perangkat elektronik dengan mata anda

Untuk layar komputer jarak 50 - 100 cm merupakan jarak yang ideal. Jangan lupa juga untuk mengatur tingkat kecerahan layar perangkat Anda agar mata tidak mudah lelah.

4. Mengatur ulang meja kerja

Menurut para ahli, posisi optimal layar komputer adalah berada di bawah mata artinya kepala tidak sejajar atau menengadah untuk melihat layar monitor. Jarak antara mata dan layar monitor diusahakan sekitar 40 – 50 cm.

Taruhlah materi yang Anda ketik tepat di sebelah layar komputer untuk mencegah Anda memandang meja untuk melihat materi ketikan berulang-ulang.

5. Pilih layar komputer yang sesuai

Gunakan layar komputer mampu memberikan kenyamanan pada mata. Layar komputer yang baik adalah yang rendah emisi cahaya birunya, dan bebas kedip atau flicker, hal ini tentu saja untuk mengurangi kelelahan pada mata yang dapat berimbas pada terjadinya Computer Vision Syndrome (CVS).

6. Konsumsi lutein dan zeaxanthin alami

Lutein dan zeaxanthin terdapat pada sayuran berwarna hijau, antara lain bayam dengan jumlah minimal 2 ikat per hari, atau mengkonsumi suplemen alami.

 

Baca juga: Terlalu Lama Di Depan Komputer Sebabkan Katarak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini