Sukses

6 Rahasia dari Orang yang Selalu Sehat

Rahasia sehat mulai dari tidur hingga kumpul bersama teman.

Liputan6.com, New York- Pernah melihat rekan kerja yang jarang sakit? Ada beberapa orang yang sepertinya selalu sehat, jika pun jatuh sakit hanya pilek. Tentu saja orang-orang seperti ini membuat iri. Sebenarnya mengapa mereka bisa memiliki tubuh terus sehat? Jangan-jangan mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang berlebih?

Ternyata, orang-orang ini memiliki kebiasaan sehat yang sederhana dalam hidupnya. Berikut enam rahasia orang terus sehat seperti dikutip laman Good Housekeeping, Jumat (9/10/2015).

1. Tidur cukup dan teratur
Penelitian menunjukkan mereka yang tidur sekitar 7-8 jam per malam cenderung kurang terkena sakit demam dibandingkan yang tidur kurang dari tujuh jam. Hal ini disebabkan saat tidur di malam hari tubuh melakukan perbaikan dan mengatur hormon yang dapat membuat tubuh tidak mudah terkena infeksi.

2. Konsumsi aneka makanan
Mengonsumsi makanan bervariasi membuat tubuh lebih sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti ubi jalar, jeruk, almon, dan anggur mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak sekaligus memerangi kuman dan bakteri.

3. Konsumsi bakteri baik untuk usus
Menjaga kesehatan usus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti minuman yang mengandung bakteri baik seperti prebiotik. Yogurt salah satu pilihannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kumpul bersama teman-teman

Meski sepele, tapi dengan cuci tangan yang benar sebenarnya kita bisa mencegah berbagai macam penyakit seperti flu.

4. Rajin cuci tangan
Tak perlu gila kebersihan dengan puluhan kali mencuci tangan. Tapi bila Anda rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau sehabis dari toilet, bisa mengurangi penyakit antara 15-50 persen.

5. Kumpul bersama teman
Meski sibuk dengan seabrek pekerjaan maupun keluarga, sesekali sempatkan waktu juga untuk berkumpul bersama teman. Menurut penelitian dari Jurnal Psychological Science kumpul bersama teman-teman saat berhadapan dengan masalah kerja maupun rumah tangga baik untuk emosi.
Dukungan sosial mampu meredakan stres. Ketika stres berkurang risiko terkena virus yang sebabkan sakit pun turut menurun.

6. Yoga
Sebuah studi ungkap yoga lembut ditambah latihan bernapas mampu memperkuat fungsi kekebalan tubuh setelah dua jam pascalatihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini