Sukses

Kena Kanker Payudara, Tak Berarti Harus Angkat Payudara

Prinsipnya makin kecil ukuran kanker payudara semakin kecil pula dilakukan upaya pengangkatan payudara.

Liputan6.com, Jakarta Banyak perempuan yang merasa takut ketika dirinya terkena kanker payudara karena payudaranya akan diangkat. Padahal menurut dokter spesialis bedah onkologis dari RS Dharmais, Sonar Soni Panigoro tidak tentu harus diangkat seluruh payudara.

"Belum tentu diangkat, tergantung ukuran kanker. Prinsipnya makin kecil ukuran kanker semakin kecil pula dilakukan upaya pengangkatan payudara," ungkap dokter Sonar dalam video Dokter Bicara Kanker ditulis Jumat (9/10/2015).

Terkait hal tersebut, dokter Sonar ungkap bahwa setiap perempuan wajib melakukan deteksi dini. Sehingga ketika kanker payudara masih kecil tidak perlu dilakukan pengangkatan.

Selain dengan pembedahan atau operasi, pengobatan kanker payudara bisa dijalankan dengan diberikan kemoterapi terlebih dahulu. "Nanti bila kanker sudah kecil baru dilakukan pengambilan kanker," tuturnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.