Sukses

Histrionic Personality, Si Sosok yang Senang Jadi Pusat Perhatian

Semakin banyak atensi yang ia dapat semakin suka.

Liputan6.com, Jakarta Pernah memiliki teman yang senang sekali menjadi pusat perhatian bahkan sampai tidak malu meski melakukan hal yang menjatuhkan kredibilitasnya? Bisa jadi ia adalah sosok histrionic personality.

Menurut psikolog yang juga mengajar di Univesitas Maranatha Bandung, Jawa Barat Efni Indrianie sosok ini merupakan tipe kepribadian yang senang sekali menjadi pusat perhatian dan tidak mudah malu. Semakin banyak atensi yang ia dapat semakin suka.

Sosok yang memiliki kepribadian ini tidak khawatir akan penilaian publik terhadap dia. Ketika publik banyak memberikan sorotan tetap bahagia saja.

Untungnya sosok ini hanya sedikit di muka bumi ini, hanya sekitar satu hingga dua persen dari populasi dunia.

"Ada banyak sekali faktor pemicu seseorang memiliki kepribadian seperti ini. Ini adalah hal yang multifaktor. Perlu ditelusuri tumbuh kembangnya sejak kecil," tutur Efnie saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Kamis (8/10/2015).

Penelusuran dimulai dari tentang cara ia dulu diperlakukan saat tumbuh kembangnya, ketika ia tidak dapat perhatian bisa jadi penyebabnya. Bisa juga tidak berkembangnya fase pembentukan nilai (value) saat kecil.

"Yang lebih ekstrim karena ada faktor biologis, ada tipologi otak yang tidak berkembang optimal sehingga bisa saja ia tidak punya guilty feeling (rasa bersalah)," tutur Efnie.

Selain itu, biasanya orang ini memiliki juga unsur narsis (narcisstic personality). Ada nuanasa unsur narsis yang berbuat jadi unsur agresif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini