Sukses

4 Hal yang Harus Dilakukan Pria Dewasa Sebelum Sunat

Mengingat prosedur sunat pada pria dewasa tergolong susah-susah gampang, sejumlah persiapan khusus harus mereka lakukan sebelum disunat

Liputan6.com, Jakarta Mengingat prosedur sunat atau khitan pada pria dewasa tergolong susah-susah gampang, sejumlah persiapan khusus harus mereka lakukan sebelum disunat. Tak hanya fisik, mental pun tak luput dari pemeriksaan supaya prosedur sunat berjalan lancar dan proses penyembuhan berlangsung lebih cepat.

"Semakin muda usia anak yang disunat, semakin cepat pula proses penyembuhannya. Sedangkan pada orang dewasa, semakin tua usianya semakin lama penyembuhannya. Maka itu, sunat pada orang dewasa perlu perhatian khsusus," kata Dr. Muhammad Zaiem dari Rumah Sunatan dalam diskusi Sunat Dewasa Adalah Kebutuhan Kesehatan di Graha Rumah Sunatan, Kamis (8/10/2015)

Berikut prosedur yang harus dilakukan pasien, seperti diutarakan Muhammad Zaiem:

1. Analisa penyakit

Pasien yang akan disunat, jelas Zaiem, harus menjalani tes darah, pemeriksaan gula darah, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pembekuan darah. Bila hasilnya normal, sunat dapat dilakukan hanya dengan bius lokal.

Selanjutnya, dokter akan melihat apakah gula darah pasien untuk mengetahui apakah pasien mengidap diabetes terkontrol atau tidak. Menurut dia, jika gula darah tidak terkontrol dan cenderung tinggi, proses penyembuhan akan berlangsung lama.

2. Minum obat

Pria pengidap diabetes atau hipertensi dianjurkan minum obat guna menstabilkan kadar gula darah. Jika sudah terkontrol, sunat bisa dilakukan. "Akan tetapi jika diketahui memiliki riwayat penyakit pembekuan darah, lebih baik konsultasian dengan dokter spesialis penyakit dalam," kata dia.

3. Cukur rambut kemaluan

Guna mengurangi risiko infeksi dari kuman yang bersarang di rambut kemaluan, pria diminta mencukur rambut kemaluan terlebih dahulu.

4. Siapkan Mental

Mental pria yang akan disunat harus dalam keadaan baik agar tidak tegang saat disunat sehingga memudahkan dokter melakukan prosedur sunat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini