Sukses

7 Cara agar Jantung Tetap Sehat Selama di Kantor

Pekerja menghabiskan sebagian besar jam bekerjanya dengan hanya duduk di kursi dan fokus pada layar komputer.

Liputan6.com, Jakarta Pekerja menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk di kursi dan fokus pada layar komputer. Selama itu pula mereka tidak sadar telah melakukan beberapa kebiasaan yang tidak sehat yang membahayakan kesehatan jantung.

Tips yang dikutip dari situs Times of India, Kamis (8/10/2015) memberitahu apa saja yang dapat dilakukan agar jantung senantiasa sehat

Camilan sehat

Aturan pertama untuk hidup sehat adalah makan sehat. Hindari mencemil makanan dengan pemanis buatan seperti biskuit, keripik ber-MSG, atau minuman botolan, dan mulailah beralih pada makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan atau biji-bijian di antara waktu makan Anda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurangi garam

Kurangi asupan garam

Berbagai salad khas ini bakal bikin kamu memulai hidup sehat.

Sangat penting untuk membatasi jumlah garam dalam diet Anda. "Asupan natrium per hari tidak boleh lebih dari 1500mg karena dapat meningkatkan tekanan darah," kata Puneet Rehani, fisioterapis di AktivOrtho. Jadi hindari keripik kentang, biskuit asin dan makanan ringan tinggi garam.

Istirahat lama waktu duduk

Duduk terlalu lama dapat membunuh Anda. Sebuah laporan terbaru menyatakan, bahkan jika Anda berolahraga setiap pagi sebelum bekerja, efek buruk dari duduk berkepanjangan tetap sama. Jadi berdiri dari tempat duduk Anda setiap satu atau dua jam sambil lakukan peregangan. Asal tahu saja, tetap aktif cukup dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3 dari 3 halaman

Hindari stress

Hindari stres

Kalau empat tanda ini muncul, segeralah mengambil cuti untuk berlibur.

Apakah Anda pulang sambil masih memikirkan dan merasa terbebani oleh pekerjaan? Jika itu yang terjadi, artinya Anda terlalu "mengambil hati" tekanan pekerjaan Anda. Usahakan untuk melepaskan semua pikiran mengenai pekerjaan begitu Anda melangkah meninggalkan kantor. Stress kronis adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung. 

Bernafas

Terjebak dalam jadwal kerja yang sibuk, Anda tentunya tidak punya waktu untuk berkonsentrasi pada pernapasan Anda. Namun hal ini bisa berbahaya bagi keseluruhan kesehatan Anda. Luangkan waktu untuk menarik napas panjang dan mengatur pernapasan Anda setiap satu jam di tempat kerja.

Minum

Dehidrasi karena kurang minum dapat mengganggu baik konsentrasi maupun kesehatan Anda secara keseluruhan. Kurang minum juga dapat menyebabkan Anda semakin stress yang berujung pada terusiknya kesehatan jantung Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini