Sukses

Orang Tinggi Lebih Berisiko Kena Kanker

Wanita tinggi ternyata berpotensi yang lebih besar terkena kanker.

Liputan6.com, New York- Memiliki tubuh tinggi dan langsing, sudah pasti idaman semua orang. Namun, baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia menemukan fakta mengejutkan. Wanita tinggi ternyata berpotensi yang lebih besar terkena kanker.

"Orang tinggi lebih memiliki banyak sel yang bisa bermutasi menjadi tumor," terang pemimpin penelitian, Emelie Benyi, MD.

Selain itu, Benyi juga menyebutkan orang yang tinggi cenderung mengonsumsi makanan lebih banyak, sehingga asupan kalori yang masuk ke tubuh tinggi. Dari penelitian sebelumnya ungkap asupan kalori tinggi terkait dengan meningkatkan risiko terkena kanker.

Penelitian ini melibatkan 5,5 juta pria dan wanita di Swedia. Bagi wanita dengan tinggi 150 cm, risiko terkena kanker payudara meningkat 6,9 persen. Lalu yang memiliki tinggi badan 170 cm, risikonya menjadi 10 persen.

Risiko persentase terus meningkat seiring tinggi tubuh, sehingga wanita dengan tinggi 193 cm berisiko 14,4 persen. Demikian kutipan dari laman Telegraph, Kamis (8/10/2015).

Korelasi paling ekstrim antara tinggi badan dan kanker terjadi pada melanoma ganas. Ini adalah salah satu jenis kanker kulit. Setiap kenaikan tinggi badan empat inchi, baik pria dan wanita memiliki risiko 30 persen terkena kanker ini.

Namun jangan langsung menjadi takut bila Anda memiliki tubuh tinggi. Beberapa faktor lain seperti merokok dan obesitas turut berpengaruh terhadap potensi terjadinya kanker di tubuh seseorang.

"Saya rasa orang-orang tinggi tak perlu khawatir dengan studi ini. Ada banyak faktor lain yang dapat memengaruhi terkena kanker," tutur Benyi seperti dilansir laman Glamour.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini