Sukses

Buah ini Mampu Bantu Anak Fokus Belajar

Studi membuktikan bahwa ada buah tertentu yang dapat mengingatkan memori anak sekolah dasar

Liputan6.com, London - Buah blueberry memang kurang familiar bagi masyarakat Indonesia tapi tak ada salahnya bagi kita untuk mengenali manfaat hebatnya. Baru-baru ini sebuah studi menguak bahwa konsumsi buah jenis beri ini mampu mendorong memori dan konsentrasi anak usia sekolah dasar.

Hal ini disebabkan karena buah ini kaya dengan flavonoid, bahan kimia yang biasa ditemukan pada buah dan sayur.

Para peneliti mendapati bahwa ekstrak bluberry bisa mencegah timbulnya plak pada gigi dan mengobati penyakit gusi.

 

"Saat sekolah dasar merupakan tahap penting dalam pengembangan pendidikan anak. Hasil menunjukkan konsumsi makanan kaya flavonoid seperti blueberry mampu membantu proses belajar anak-anak," terang salah satu peneliti ini dari Reading Univesity, Claire Williams.

Untuk mendapatkan kesimpulan ini, Williams meminta 21 partisipan pria dan wanita untuk jalani tes kognitif sebanyak tiga kali dalam kesempatan berbeda-beda. Yakni saat aminum air dengan gula, minum setengah manfaat blueberry, dan minum segelas manfaat penuh buah bluberry.

Saat mereka minum jus buah ini, ternyata hasil tes mereka bagus dan sulit untuk terdistraksi. Hasil tes dengan skor paling bagus ketika sebelumnya mereka minum segelas jus buah blueberry dengan yang setara dengan 1,5 cangkir buah blueberry seperti diungkap laman Daily Mail, Kamis (8/10/2015).

Penelitian sebelumnya sebenarnya sudah menunjukkan manfaat buah yang mengandung flavonoid tapi dengan target orang dewasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.