Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Mengapa Ada Wanita Alami Depresi Usai Bercinta?

Bisa juga gejala lain seperti cemas, kesal, dan jadi melankolis.

Liputan6.com, New Delhi Melakukan hubungan intim dengan pasangan identik dengan romantisme yang akan berakhir dengan kepuasan bercinta yang terpancar lewat rasa bahagia. Tapi jangan salah ada beberapa wanita yang malah mengalami cemas, kesal, atau depresi usai bercinta. Mengapa bisa begitu?

Menurut peneliti, hal ini disebut dengan postcoital dysphoria (PCD). Kondisi ini ditandai dengan kondisi melankolis, depresi, cemas usai berhubungan seksual.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine menyebutkan sekitar 46 persen dari 230 wanita partisipan mengaku mengalami gejala PCD setidaknya satu kali dalam hidupnya.

Lalu, sekitar lima persen mengalami gejala PCD dalam beberapa minggu terakhir seperti dikutip dari laman Times of India, Rabu (7/10/2015).

Studi lain dari Australia pun pernah mengungkapkan hal ini. Berdasarkan studi mereka ada satu dari tiga perempuan yang alami depresi meski terpuaskan usai bercinta.

Belum ada data pasti yang mengungkapkan apa penyebab hal ini, peneliti memprediksi ini akibat pergeseran hormon usai orgasme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.