Sukses

Bermain dengan Alam Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan-jalan di alam juga menuai manfaat kesehatan mental.

Liputan6.com, New York- Bagi Anda yang merasa sulit tidur apalagi tidur nyenyak, bisa jadi Anda kurang waktu bermain di alam bebas. Cukup sediakan waktu untuk bermain ke pantai maupun hutan sejenak untuk kembali dapatkan kualitas tidur yang baik.

Orang-orang yang tinggal dekat dengan ruang hijau maupun pantai atau danau melaporkan cenderung sedikit yang memiliki tidur yang buruk menurut penelitian yang dipimpin profesor kesehatan masyarakat dari University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, Diana Grigsby-Toussaint.

"Penelitian baru ini menunjukkan bahwa paparan lingkungan alam dapat membantu orang mendapatkan tidur yang mereka butuhkan," terang Toussaint seperti dikutip laman Huffington Post, Rabu (7/10/2015).

Ada beberapa alasan orang yang tinggal di kawasan alam bebas mampu membantu kualitas tidur lebih baik. Pertama, mereka cenderung untuk terlibat dalam aktivitas fisik yang moderat hingga kuat.

Kedua, penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan-jalan di alam juga menuai manfaat kesehatan mental seperti tingkat depresi dan stres yang lebih rendah. Ketika pikiran tenang, tidur pun jadi nyenyak.

Tentu saja tidak semua orang beruntung bisa hidup dengan taman, hutan, atau pantai. Toussaint merekomendasikan agar masyarakat ini secara sengaja rutin berkunjung ke taman-taman publik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini