Sukses

Kebutaan Harusnya Jadi Masalah Nasional di Indonesia

Angka kebutaan di Indonesia menurun hingga dua puluh lima persen pada 2020

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila F Moeloek berharap, angka kebutaan di Indonesia menurun hingga dua puluh lima persen pada 2020. Saat ini, dari data yang dihimpun Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jumlah kasus kebutaan telah mencapai 1.4 persen dari jumlah populasi total.

"Masalah kebutaan di Indonesia jumlahnya sudah di atas satu persen. Itu terhitung tinggi, seharusnya sudah masuk ke dalam masalah nasional," kata Menkes di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, HR Rasuna Said, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (6/10/2015)

Maka itu, Menkes berpesan agar kita semua menjaga kesehatan mata sejak dini. Jika merasa pandangan sedikit berkabut, hati-hati, bisa jadi itu tanda dari katarak. "Lima puluh dua persen penyebab kebutaan di Indonesia akibat dari katarak," kata Menkes menambahkan.

Supaya terhindar dari masalah kebutaan ini, lanjut Menkes, segera lakukan operasi penggantian lensa mata agar mata kembali jernih. Bagaimana pun mata adalah jendela bagi kita untuk melihat dunia.

"Sama seperti kamera, kalau lensa buram dan keruh, tentu hasil foto jadi jelek. Kita berharap, lensa yang terbaik, sekali pun objeknya jelek akan terlihat bagus," kata Menkes menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini