Sukses

Ketika Manfaat Olahraga Digantikan Pil

Kini sedang dikembangkan pil olahraga oleh para ilmuwan.

Liputan6.com, New York- Bagaimana jika manfaat-manfaat dari olahraga dikemas menjadi sebuah pil? Ya, hal ini mungkin terjadi karena kini sedang dikembangkan para ilmuwan.

Beberapa pengembangan 'exercise pill' atau 'pil olahraga' menunjukkan potensi seperti disebut dalam dua makalah terbaru yang dipublikasikan dalam Jurnal Trends in Pharmacological Sciences dan sebuah studi kecil lain dalam Jurnal Cell Metabolism.

"Semua orang mencari pil untuk menggantikan latihan, tapi kami belum menemukannya," terang salah satu penulis dalam studi pertama, Ismael Laher yang juga profesor dari Departemen Anestesiologi, Farmakologi, dan Terapi University of British Columbia, Kanada.

'Pil olahraga' yang kini sudah dikembangkan terbuat dari senyawa yang terbukti meniru satu atau efek dari latihan. Misalnya melebarkan pembuluh darah, membentuk mitokondria baru dalam sel, atau meningkatkan kapasitas tubuh untuk latihan.

"Pil ini akan membantu Anda mendapatkan otot lebih kuat dan lebih cepat, serta mencapai tujuan olahraga lebih cepat," kata Laher seperti dikutip laman Time, Selasa (6/10/2015).

Namun, Laher menekankan, tidak ada satu pil yang dapat memberikan banyak manfaat olahraga pada tubuh. Pil ini tidak bisa meningkatkan kadar hormon endorfin atau membuat tulang jadi kuat. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini