Sukses

4 Alternatif Sehat Pengganti Kopi

Konsumsi kopi berlebihan sebabkan aneka masalah dalam kehidupan. Lebih baik kurangi asupan kopi dan ganti dengan empat alternatif sehat ini.

Liputan6.com, New Delhi Bagi pencinta kopi, sebaiknya perhatikan jumlah konsumsi kafein Anda dalam sehari. Jumlah maksimal kafein yang bisa dikonsumsi oleh seorang individu dalam sehari paling tinggi 75-80 miligram. Jika berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah sehingga mengganggu fungsi jantung.

Sayangnya tidak sedikit orang yang bergantung pada kopi untuk membuat dirinya terjaga. Untungnya ada beberapa minuman dan makanan yang memberikan dampak seperti kafein, membuat Anda bersemangat, tanpa meningkatkan daya tekanan darah. Berikut di antaranya seperti dilansir laman Boldksy, Selasa (6/10/2015).

1. Air lemon

Air lemon mampu menghidrasi sistem tubuh, meningkatkan imunitas dan pencernaan. Selain itu rasa segar dan sedikit asam mampu membangunkan otak yang mengantuk.

2. Musik

Salah satu cara untuk membuat tubuh lebih berenergi adalah dengan mendengarkan lagu-lagu bersemangat.

3. Almond

Kacang-kacangan dapat meningkatkan energi. Salah satunya almond yang mengandung Vitamin B dan mangan yang meningkatkan zat kimia di otak.

4. Pisang

Secara ilmiah, pisang adalah salah satu cara untuk meningkatkan energi tubuh. Kurangi konsumsi kopi dan lebih baik konsumsi buah yang satu ini. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.