Sukses

Kepuasan Layanan RS di Lampung Meningkat Sejak Ada JKN

RS Mardi Waluyo semakin mendapatkan apresiasi dari pasien.

Liputan6.com, Lampung Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh BPJS Kesehatan lambat laun makin memberikan dampak positif khususnya di ranah pelayanan kesehatan. Di tengah segala perbaikan untuk penyempurnaan program, kini giliran RS Mardi Waluyo, Lampung yang semakin mendapatkan apresiasi dari pasien.

Direktur RS Mardi Waluyo, drg. Budiono MARS, mengatakan, sejak adanya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit mendapatkan jasa pelayanan yang setimpal. Hal ini dibuktikan dengan naiknya peningkatan pendapatan serta persentase survei kepuasan karyawan dari 70 persen, menjadi 80 persen.

"Bila dilihat dari sudut pandang ekonomi pendapatan bersih yang diterima rumah sakit bisa mencapai 30-40 persen dari klaim yang dibayarkan oleh BPJS Kesehatan, dan tentu saja hal ini tidak lepas dari bertambah banyaknya jumlah pasien BPJS Kesehatan. Rumah sakit pun bisa surplus dan selanjutnya digunakan untuk pengembangan rumah sakit," kata Budiono melalui siaran pers, Senin (5/10/2015).

Menurut Budiono, jumlah peserta BPJS di rumah sakit setempat saat ini mencapai 90 persen, dan sisanya adalah pasien umum.

"JKN yang dikelola BPJS Kesehatan ini secara tidak langsung juga membantu pemerintah mengurangi pengangguran khususnya di wilayah Lampung, betapa tidak jumlah pegawai di RS Mardi Waluyo sebanyak 400 orang sebelum JKN, dan sekarang sudah mencapai 600 orang," ujarnya.

Budiono menambahkan, salah satu kunci keberhasilan sebuah rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan adalah komitmen menyukseskan JKN dengan memberikan pelayanan tanpa iuran biaya kepada peserta, tidak membeda-bedakan jenis kepesertaan BPJS Kesehatan, semua diperlakukan sama, serta pengelolaan yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • JKN adalah singkatan dari Jaminan Kesehatan Nasional.

    JKN

  • BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

    BPJS Kesehatan

Video Terkini