Sukses

Tips Menyusui Bayi Kembar

Untuk berhasil menyusui bayi kembar, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Jangankan untuk menyusui bayi kembar, harus bisa menyusui satu bayi saja sudah bisa membuat seorang ibu baru stres. Namun, jika Anda termasuk orang-orang yang diberkahi dengan sepasang anak kembar, jangan buru-buru melakukan survei susu formula terbaik apa yang ada dipasaran. Coba susui sendiri terlebih dahulu.

Untuk berhasil menyusui bayi kembar, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti yang dikutip dari laman SoFeminine, Senin (5/10/2015).

1. Belajar memposisikan bayi dengan benar

Kunci sukses menyusui ditentukan oleh ketepatan Anda mengatur posisinya. Posisi yang benar akan menjamin puting Anda masuk secara sempurna ke mulut bayi sehingga dia bisa menyusu dengan nyaman. Pastikan masing-masing bayi sudah bisa menyedot dengan benar dan Anda sudah mendapatkan posisi nyaman yang bisa menjadi andalan Anda saat menyusui.

2. Susui bayi satu per satu

Mungkin Anda sering melihat seorang ibu yang menyusui kedua bayi kembarnya secara bersamaan, dan terlihat sangat tenang saat melakukannya. Namun, untuk bisa mencapai tahap itu, Anda harus bisa menyusui masing-masing bayi satu per satu dulu, dan mengetahui batas kenyang masing-masing bayi. Karena walaupun kembar, tetap saja kebutuhan masing-masing bayi berbeda.

3. Belajar menyusui bayi secara bersamaan, jika memang bisa

Mampu menyusui kedua bayi di waktu yang sama tentunya memang lebih praktis dan menghemat banyak waktu. Namun, hal ini tentunya membutuhkan latihan, dan bahkan tidak semua ibu yang memiliki anak kembar mampu melakukannya. Jika Anda ingin mencoba, pastikan kedua bayi sudah lancar menyusu terlebih dahulu, dan agar lebih nyaman, selalu gunakan bantal khusus menyusui bayi kembar yang mudah ditemukan di pasaran. Dengan begini, baik Anda dan kedua bayi akan sama-sama nyaman. (Nils)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini