Sukses

Ini Alasan Kenapa Anda Harus Banyak Minum Air

Air (H20) merupakan salah satu bagian terpenting dalam keseharian kita.

Liputan6.com, Jakarta Air (H20) merupakan salah satu bagian terpenting dalam keseharian kita. Sebagian dari Anda mungkin tahu kalau air merupakan komponen yang membentuk seluruh jaringan tubuh. Dia membentuk 70 persen tubuh, 85 persen darah, 80 persen otak, 75 persen otot, dan 90 persen sel Anda.

Air juga memiliki fungsi penting seperti melindungi organ dan jaringan tubuh, mengatur suhu tubuh, meringankan beban ginjal dan hati dengan melarutkan sisa-sisa metabolisme, serta membawa zat-zat gizi dan oksigen ke sel.

Namun ada beberapa hal yang mungkin Anda belum tahu mengenai ke bagian tubuh mana saja air dialirkan. Penasaran? Simak ulasannya, seperti dikutip Prevention, Senin (5/10/2015):

1. Air mata

Iya, jangan lupa kalau air minum juga menjaga mata lembab dan membersihkan kotoran di mata. 

2. Lendir

Bukan hidung meler yang penuh lendir. Namun kita semua memang menghasilkan lendir sekitar 1 liter per hari.

Jadi, lendir itu terdiri dari 95 persen air, 5 persen garam, protein, dan antibodi membuatnya kental. Lendir ini  melindungi paru-paru dari bakteri dan organ sensitif, seperti usus dan organ intim. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air liur

3. Air liur

Air liur (saliva) mengandung 99 persen air yang membasahi mulut. Air liur ini berguna untuk memecah makanan, melindungi gigi, dan melawan kuman. Tak percaya? coba gunakan air liur untuk mengobati luka kecil. Saliva dapat mempercepat proses pembekuan darah.

4. Darah

Plasma, bagian dari darah terdiri dari 92 persen air. Untuk itu, agar membantu menjaga tekanan darah, pria harus minum 16 gelas air per hari, sementara perempuan cukup 11 cangkir sehari.

5. ASI

Sembilan puluh persen ASI terdiri dari air dan sisanya dari protein, lemak, asam amino, dan antibodi. Itulah sebabnya, anak yang diberi ASI memiliki kesehatan dan kecerdasan yang baik. 

6. Getah bening

Cairan getah bening juga banyak mengandung air. Fungsinya, selain menyaring bakteri dan virus, cairan ini juga membawa  protein kembali ke dalam aliran darah.  

 

3 dari 3 halaman

Air mani

7. Air mani

Sekitar 90 persen air mani juga terdiri dari air yang membawa 300 juta sperma.

8. Air ketuban

Air ketuban terdiri dari campuran air, natrium, dan plasma yang melindungi janin.

9. Keringat

Keringat terdiri dari 99 persen air. Keringat merupakan detoksifikasi alami, maka itu pastikan untuk tetap terhidrasi.

10. Haid

Mengapa wanita terlihat gemuk saat menstruasi? Itu karena sebagian besar darah menstruasi terdiri dari air, dan didorong oleh perubahan hormonal. 

11. Urine

Urine mengandung 95 persen air. Kurang minum dapat menjadikan warna urine agak kuning gelap. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini