Sukses

3 Cara Mudah Bebas Kaki Gajah

Lebih dari 100 juta penduduk Indonesia berisiko tertular penyakit kaki gajah.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data Kementerian Kesehatan sampai bulan Juli 2014 ditemukan 14.932 penderita penytakit kaki gajah kronis di seluruh Indonesia. Lalu, lebih dari 100 juta penduduk Indonesia berisiko tertular penyakit kaki gajah.

Demi menghindari penyakit infeksi yang bersifat menahun yang disebabkan cacing filaria yang ditularkan lewat ini terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan seperti dikutip dari buku saku kader kesehatan Mengenali dan Mencegah Penyakit Kaki Gajah.

1. Minum obat pencegah kaki gajah

Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek pada 1 Oktober 2015 lalu mencanangkan kampanye nasional Bulan Eliminasi Kaki Gajah. Salah satunya dengan Pemberian Obat Pencegahan Massal dengan target 105 juta penduduk di 241 kabupaten/kota endemis kaki gajah melaksanankan POPM selama sekali setahun dalam lima tahun mendatang.

Obat pencegah kaki gajah yang dimaksud terdiri dari kombinasi DEC (Diethil Calbanasin Citrate) dan Albendazole. Pemberian obat tersebut bermanfaat ganda yakni dapat mematikan atau memandulkan cacing filarial dewasa serta mematikan cacing perut. Obat tersebut dikonsumsi sekali setahun dalam lima tahun.

2. Menghindari gigitan nyamuk yakni dengan:

- Menggunakan kelambu saat tidur

- Menggunakan obat nyamuk

- Memakai obat oles antinyamuk

- Menutup ventilasi rumah dengan kassa

3. Memberantas nyamuk

- Menjaga kebersihan lingkungan

- Menghilangkan atau membersihkan tempat perindukan nyamuk

- Menimbun, mengeringkan, atau mengalirkan air tergenang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.