Sukses

5 Makanan dan Minuman yang Mampu Turunkan Imun Tubuh

Sistem imun tubuh memainkan peranan penting agar tubuh kebal terhadap serangan penyakit di sekitar kita.

Liputan6.com, New Delhi Sistem imun tubuh memainkan peranan penting agar tubuh kebal terhadap serangan penyakit di sekitar kita. Mulai dari penyakit yang bersumber dari virus maupun bakteri.

Ada beberapa makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, tapi ada juga yang menurunkan daya tahan tubuh, mulai dari kopi hingga alkohol. Berikut makanan yang bisa turunkan imun tubuh seperti dikutip laman Boldsky, Minggu (4/10/2015).

1. Kopi
Berbagai studi telah ungkap manfaat baik dari kopi. Tapi jika berlebihan atau dikonsumsi mendekati jam tidur mampu menurunkan daya tahan tubuh. 
Kopi memberi efek tubuh terus terjaga, jika dikonsumsi mendakati jam tidur mampu membuat sulit tidur. Kurang tidur mampu menurunkan imunitas tubuh. 

2. Soda
Soda merupakan minuman tinggi gula, tak memiliki nutrisi, dan adanya asam fosfat mengurangi kemampuan tubuh menyerap kalsium dan magnesium.

3. Makanan yang digoreng
Jika mau jujur, makanan yang digoreng itu memang lezat. Namun jika berlebihan mampu menaikkan berat badan dan menurunkan daya tahan tubuh.

4. Daging merah
Jika konsumsi secukupnya, daging merah akan memberikan banyak manfaat pada tubuh. Tapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa daging merah berdampak buruk pada tubuh karena sulit untuk mencerna gula alami.

5. Makanan olahan
Nugget, sosis, dan makanan olahan lain memang nikmat, sekaligus menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Bahan-bahan dan gula yang terdapat di dalamnya mengacaukan sistem imun tubuh. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.