Sukses

Jangan Halangi Ayah Ikut Mengasuh si Kecil

Seorang ayah yang turut andil mengasuh anak memiliki pengaruh yang besar dalam proses tumbuh dan berkembang anak.

Liputan6.com, Jakarta Seorang ayah yang turut andil mengasuh anak memiliki pengaruh yang besar dalam proses tumbuh dan berkembang anak. Hanya saja, masih ada ibu yang belum bisa memberikan kepercayaan seorang ayah untuk mengasuh buah hati mereka. Sehingga ayah kurang terpacu untuk terlibat lebih jauh dalam hal pengasuhan si kecil.

"Ibu seharusnya memberikan dukungan, bukan sebaliknya. Bagaimana pun anak adalah milik bersama, sudah seharusnya ibu membiarkan ayah untuk ikut mengasuh. Harus diingat, tugas seorang tidak hanya mencari nafkah dengan bekerja di kantor saja," kata dosen dan psikolog dari Universitas Indonesia Rini Hildayani dalam diskusi media Menjadi Ayah Hebar Bagi si Kecil di Kota Kasablanka, Sabtu (3/10/2015).

Penelitian yang dilakukan University of Guelph, Canada, pada 2007 menunjukkan betapa kuat dan besarnya keterlibatan seorang ayah dalam pola pengasuhan terhadap perkembangan anak secara sosial, emosi, fisik, dan kognitif. Anak yang juga diasuh oleh sang ayah sejak dini memiliki kemampuan kognitif lebih baik ketika memasuki usia enam bulan hingga satu tahun.

Anak juga akan memiliki IQ yang lebih tinggi ketika menginjak tiga tahun, serta berkembang menjadi anak dan individu yang mampu memecahkan permasalahan dengan lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.