Sukses

Hindari 4 Kebiasaan yang Bikin Kulit Tangan Keriput

Mulai dari terlalu sering cuci tangan hingga gunakan hand sanitizer.

Liputan6.com, New York- Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah keriput. Selain itu, area ini juga tak bisa ditutupi.

Demi mencegah keriput pada bagian ini datang lebih cepat hindari terlalu sering melakukan empat hal berikut seperti dilansir laman Prevention, Jumat (2/10/2015).

1. Cuci tangan pakai sabun 'keras'
Gunakan sabun pencuci tangan dengan pH netral bila tangan ingin halus seperti dituturkan dokter kulit Mona Gohara. Dibanding sabun batangan, dokter Mona sarankan pilih yang cair mengandung formula lembut agar tangan tidak terasa kering.

2. Terus menerus cuci tangan
Mencuci tangan merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat yang mampu menghindarkan dari aneka penyakit. Tapi lebih baik lakukan pada hal-hal seperti sebelum dan sesudah kamar mandi, sebelum dan sesudah makan.
Terlalu sering mencuci tangan apalagi membasuhnya dengan sabun yang 'keras' membuat tangan jadi kering. Agar tak kering, bisa juga dengan rutin mengaplikasikan pelembap ke tangan.

3. Lupa pakai tabir surya
"Wajah dan tangan lebih sering terpapar sinar matahari dibandingkan tubuh lain," erang dokter Trevor Cates.
Perlindungan kulit dari sinar matahari merupakan salah satu cara untuk mencegah kulit menua lebih cepat.

4. Menggunakan hand sanitizer keseringan
Pembersih tangan yang mengandung alkohol mampu membasmi kuman tapi juga membuat kulit jadi kering sehingga mudah keriput.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini