Sukses

Stres Bisa Bikin Tulang Makin Keropos?

Selain nutrisi yang cukup kalsium beserta bahan mineral penunjang, pengelolaan pikiran pun perlu dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Selain nutrisi yang cukup kalsium beserta bahan mineral penunjang, olahraga merupakan faktor penting yang perlu diupayakan agar tulang kita kuat dan tidak keropos. Orang yang biasa olahraga sejak muda akan mencapai mencapai puncak massa tulang lebih tinggi dibanding orang yang kurang aktif.

Olahraga yang baik menurut ahli gizi dari Universitas Indonesia DR. Dr. Samuel Oetoro Sp.GK adalah yang berjenis weight bearing exercise atau olahraga yang membenturkan tubuh ke bumi. Contohnya jalan kaki, atau senam dengan beban botol. Yang tidak boleh ditinggalkan adalah kondisi psikis. "Jangan sampai stres. Kalau pun stres, mesti dikelola dengan baik,"kata Dr. Samuel.

Mengapa? Karena ketika stres, hormon kortisol akan dikeluarkan oleh tubuh lewat otak. Kortisol adalah hormon katabolik. Hormon inilah yang menyebabkan lebih banyak terjadinya penghancuran protein dalam tubuh. Akibatnya, kalsium yang dikeluarkan dari tulang pun lebih banyak. Karena itu, hindari stres atau kelola stres dengan baik supaya pengeluaran kalsium tidak banyak.

Satu lagi, yang perlu diperhatikan adalah istirahat yang cukup. "Orang sebaiknya tidur sekurang-kurangnya enam jam. Kalau kurang dari enam jam hormon pertumbuhannya akan berkurang,"katanya. Istirahat cukup sangat diperlukan supaya produksi hormon pertumbuhan juga cukup. Hormon pertumbuhan adalah hormon yang mengatur keseimbangan pengeluaran hormon lain, termasuk mengatur penyerapan kalsium dalam tulang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.