Sukses

Menakar Gejala Radang Sendi

Saat persendian pangkal paha atau daerah di sekitarnya terasa nyeri atau sakit, Anda mungkin berpikir telah terserang radang sendi.

Liputan6.com, Jakarta Saat persendian pangkal paha atau daerah di sekitarnya terasa nyeri atau sakit, Anda mungkin berpikir telah terserang radang sendi. Namun, benarkah cuma itu gejala-gejalanya? Jawablah pertanyaan-pertanyaan dari organisasi artritis di Amerika berikut ini untuk mengetahui apakah gejala-gejala radang sendi telah menyergap Anda!

Penting: Kuis ini bukan merupakan diagnosis dokter dan tidak bisa menggantikan konsultasi dengan dokter.

1. Apakah dokter pernah bilang jika Anda terkena radang sendi? (meskipun itu sudah berlangsung lama) Ya (1) Tidak (0)

2. Selama 12 bulan terakhir, apakah Anda pernah mengalami sakit, nyeri, kaku-kaku, bengkak di persendian pangkal paha atau di sekitarnya? Ya (1) Tidak (0)

3. Pada bulan-bulan tertentu, apakah gejala-gejala di atas menyerang setidaknya selama setengah bulan atau lebih? Ya (1) Tidak (0)

4. Apakah Anda mengalami sakit di lutut, pinggul, atau pangkal paha saat naik tangga atau berjalan sekitar 200-300 meter? Ya (1) Tidak (0)

5. Apakah Anda sering mengalami nyeri atau kaku-kaku di persendian tangan? Ya (1) Tidak (0)

6. Apakah kini Anda membatasi aktivitas sehari-hari atau olahraga karena gangguan-gangguan di persendian tersebut? Ya (1) Tidak (0)

Penilaian

Nilai 2-6: Anda menunjukkan gejala-gejala yang kemungkinan besar diduga adalah radang sendi. Semakin tinggi nilai Anda, semakin mungkin Anda terkena radang sendi. Untuk memastikannya, berkonsultasilah dengan dokter dan mintalah petunjuk mengenai pencegahan dan penanganannya.

Nilai 0-1: Selamat! Tampaknya Anda tidak menunjukkan gejala-gejala terserang radang sendi. Namun, bukan berarti itu mencegah Anda untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai radang sendi. Jika suatu saat Anda mengalami nyeri di persendian pangkal paha selama dua minggu, segera hubungi dokter. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Radang sendi atau artritis, merupakan nyeri di daerah persedian akibat peradangan yang terjadi di celah sendi atau jaringan sekeliling sendi

    radang sendi

Video Terkini