Sukses

Yang Wajib Dilakukan Pasien Usai Pasang Ring Jantung

Pascapemasangan ring, dokter akan meminta pasien mengonsumsi obat. Penghentian konsumsi obat harus sesuai petunjuk dokter.

Liputan6.com, Jakarta Demi menghindari maupun mengurangi risiko hal-hal yang tidak diinginkan pasien sebaiknya melakukan beberapa hal usai pemasangan ring (coronary stent) seperti disampaikan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta, Siska Danny.

Salah satunya dengan konsumsi obat pada setahun pertama usai pemasangan stent. Pasien membutuhkan dua macam obat antiplatelet (pengencer darah).

"Penghentian obat secara sepihak oleh pasien dapat menyebabkan terjadinya penyempitan ulang pada pembuluh darah serta serangan jantung ulang," tulis Siska dalam pesan elektronikya kepada Health-Liputan6.com pada Jumat (2/10/2015).

Lalu, penting juga bagi pasien tersebut mengontrol faktor risikonya. Diantaranya dengan berhenti merokok, menjaga tekanan darah <140/90 mmHg, memeriksakan kadar gula darah serta kolesterol darah secara berkala, rutin berolahraga dan menjaga berat badan ideal.

Pemasangan ring merupakan tindakan untuk memperbaiki aliran darah di arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memberi makan otot-otot jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.