Sukses

Ingin Redakan Stres? Coba Cuci Piring

Sebuah studi mengungkapkan bahwa mencuci piring dapat menurunkan tingkat stres secara signifikan jika melakukannya dengan penuh kesadaran.

Liputan6.com, Jakarta Jangan meremehkan aktivitas cuci piring. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mencuci piring dapat menurunkan tingkat stres secara signifikan jika melakukannya dengan penuh kesadaran.

Studi yang dilakukan peneliti dari Florida State University ini meminta 51 mahasiswa untuk mencuci piring. Sebelum memulai, setengah dari mahasiswa diminta untuk membaca kalimat tentang mencuci piring dengan dinikmati, sementara setengah bagian lain diminta membaca cara mencuci piring dengan terburu-buru.

"Saya sangat tertarik untuk mengetahui apakah aktivitas sehari-hari dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran sehingga mampu menimbulkan rasa sejahtera pada orang tersebut," tutur penulis studi yang juga kandidiat dokter di program School Psychology Florida State University itu.

Peneliti menemukan fakta bila seseorang mencuci piring sambil menikmatinya seperti merasakan aroma sabun, merasakan dinginnya air yang mengalir, atau sentuhan pada piring bisa meningkatkan inspirasi terhadap sesuatu hingga 25 persen dan menurunkan rasa grogi hingga 27 persen.

Kelompok mahasiswa yang mencuci piring karena sekadar melakukannya saja tidak mendapatkan manfaat yang sama dari aktivitas tersebut.

"Tampaknya kegiatan sehari-hari memang bisa meningkatkan kesadaran yang berdampak pada kesejahteraan kita," disimpulkan penulis seperti dikutip laman Time, Jumat (2/10/2015). (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini