Sukses

Usia Berapa Idealnya Anak Dapat Pendidikan Seks?

Terjadi perselisihan antara orangtua, psikolog, dan pendidik mengenai usia berapa seorang anak pantas mendapatkan pendidikan tentang seks.

Liputan6.com, Jakarta Terjadi perselisihan antara orangtua, psikolog, dan pendidik mengenai usia berapa seorang anak pantas mendapatkan pendidikan tentang seks. Melihat semakin maraknya pelecehan seksual yang menimpa anak-anak, semakin awal mereka diajarkan tentang pendidikan seks tentu semakin baik.

Psikolog dari Mumbai, India, Jenta Mehta mengatakan, semakin tua usia seorang anak, orangtua dapat mengajaknya berbicara tentang seks secara menyeluruh. Praktik seksual yang aman seperti apa, dan apa pentingnya penggunaan kontrasepsi.

Jenta Mehta dan banyak ahli lainnya menyarankan agar orangtua memutar seluruh memori di otaknya, mengingat pengalaman apa saja yang mereka rasakan saat tumbuh dewasa, munculnya masalah cinta tubuh, membedakan perasaan cinta dan nafsu, serta pertama kali masturbasi dan tidak pede dengan ukuran genital.

"Di rumah, pendidikan seks dimulai ketika anak Anda menunjuk ke kemaluannya dan melontarkan pertanyaan `Apa ini?` Sejak saat itu hati-hati berbagi segala informasi tentang seks," kata Jenta dikutip dari situs Times of India, Jumat (2/10/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini