Sukses

Hindari Ini Saat Berbicara dengan Anak

Aktivitas ini pun membantu memperkuat ikatan orangtua dan anak, tapi juga kesempatan mengajari anak-anak cara berkomunikasi.

Liputan6.com, New Delhi Berkomunikasi dengan sang buah hati merupakan salah hal yang menyenangkan bagi orangtua. Aktivitas ini pun membantu memperkuat ikatan orangtua dan anak, tapi juga kesempatan mengajari anak-anak cara berkomunikasi.

Oleh karena itu saat berbicara dengan anak hindari empat hal berikut seperti dikutip laman Boldsky, Kamis (1/10/2015).

1. Memerintah
Tahanlah diri untuk memberikan perintah kepada anak. Mereka bukanlah pegawai atau bawahan Anda. Lebih baik buat kalimat lebih baik untuk mendapatkan hal sesuai keinginan daripada berlagak seperti bos pada anak.

2. Mengancam
Sebagian besar orangtua pasti pernah melakukan ini yang berfungsi sekedar menakut-nakuti anak. Hal ini malah berpotensi sebabkan anak membenci Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak setuju

3. Tidak setuju
Jadilah pendengar yang baik kala anak berbicara atau mengutarakan pendapatnya. Berikan respon setuju jika memang Anda sepakat dengan yang ia ungkapkan. Hal ini membuat anak menyukai Anda dan senang bercerita kepada orangtuanya. Tapi bila Anda tak sepakat dengan ucapan anak, tuturkan pendapat tersebut dengan lembut.

4. Mengejek atau mengolok
Terkadang tanpa disadari orangtua memberikan ejekan kepada buah hati sendiri saat bercakap-cakap. Hal ini mampu membuat semangat mereka runtuh atau malah jadi punya pandangan tak menyenangkan terhadap orangtuanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini