Sukses

Wanita Lebih Mudah Depresi Ketimbang Pria, Benarkah?

Pria dan wanita memiliki fungsi otak yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Pria dan wanita memiliki fungsi otak yang berbeda. Pria lebih analitis ketika berhadapan dengan emosi negatif, sedangkan wanita cenderung lebih fokus pada perasaan yang membuat mereka lebih rentan depresi dan cemas berlebihan ketimbang pria.

"Ada kemungkinan wanita cenderung lebih fokus pada perasaan yang dihasilkan oleh rangsangan otak, sedangkan pria agak lebih pasif terhadap emosi negatif yang mereka terima. Pria mencoba menganalisa terlebih dahulu serta melihat dampak ke depan," kata profesor dari departemen psikiatri University of Montreal, Stephane Potvin, dikutip dari situs Times of India, Rabu (30/9/2015)

Saat Stephane dan rekan melakukan penelitian dengan melibatkan 46 peserta yang terdiri dari pria dan wanita yang sehat untuk melihat sebuah gambar dan sebuah kata apakah dapat membangkitkan emosi positif, negatif, dan netral, ditemukan bahwa di daerah-daerah tertentu dari otak pada wanita dan pria yang berhubungan dengan emosi, bereaksi secara berbeda ketika terkena citra negatif.

Stephane mengatakan, kadar testosteron yang lebih tinggi membuat pria tidak mudah sensitif. Sementara itu, sifat feminin yang lebih tinggi membuat wanita mudah sekali sensitif dan memikirkan sesuatu yang mengganjal di hati. 

 

Baca juga: 

Ini Dia Bentuk Olahraga yang Bisa Cegah Depresi dan Stres

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini